Komponen - Komponen Motherboard

Komponen didalam Motherboard
Komponen didalam Motherboard

Ogan Komputer, Mengenal Komponen - Komponen Motherboard

Selama kalian mengenal komputer, apakah kalian tau bagian-bagian terpenting pada komputer? Pada blog ini, saya akan memperkenalkan anda dengan salah satu komponen terpenting dalam komputer.

Motherboard (papan utama) adalah tempat yang paling vital di computer karena berbagai komponen elektronik berada di situ saling terhubung sehingga PC bisa hidup, dan motherboard terletak di dalam CPU. Beberapa komponen dalam motherboard :

1. Proccessor

Processor sering disebut sebagai otak dan pengendali computer, kemudian pengertian processor adalah sebuah IC yang mengontrol seluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Proccessor terletak di socket yang terletak di bawah kipas angin, socket tersebut rawan rusak karena jumlahnya banyak sehingga mudah untuk bengkok. Dan processor berpengaruh terhadap kecepatan computer.
Merk yang sering dijumpai adalah AMD dan Intel.


2. RAM ( Random Access Memory)

RAM merupakan sebuah hardware yang digunakan untuk menyimpan data secara tidak permanen atau sementara. RAM bekerja secara acak ( Random ) karena berhubungan dengan processor, apabila RAM tidak bekerja secara tidak acak maka computer malah akan menjadi lemot, karena ibarat sebuah motor yang ada di jalan raya, apabila motor tersebut hanya berjalan lurus terus tidak berbelok – belok atau mencari jalan yang lebih lengang atau menyalip kendaraan lain maka motor tersebut akan berjalan lambat, walaupun motor tersebut bagus.

Sebenarnya RAM tidak ada hubungannya degan ROM yang sering diartikan sebagai tmpat penyimpanan permanen, tapi RAM lebih ada hubungannya dengan Harddisk sebagai tempat penyimpanan permanen.


3. Hardisk

Hardisk adalah tempat penyimpanan secara permanen dan merupakan tempat penyimpanan utama dalam computer sehingga didesain untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Harddisk bukan hanya ada di motherboard tetapi juga ada hardisk eksternal yang dihubungkan dengan port USB.


4. VGA

Fungsinya yaitu menampilkan teks dan gambar di monitor , sehingga VGA ini sangat penting untuk computer, tetapi ada kompuer yang tidak memerlukan VGA yaitu computer server. Perangkat ini sangat penting untuk PC yang digunakan untuk game.


5. Baterai CMOS

Baterai CMOS adalah sebuah baterai yang tertanam dalam motherboard yang berfungsi sebagai pemberi daya pada saat komputer dalam keadaan mati, juga sebagai pengatur jam dalam computer.


6. LAN Card / kartu wireless

Fungsinya adalah menghubungkan computer satu dengan computer lain dalam sebuah jaringan LAN.6. LAN Card / kartu wireless

Fungsinya adalah menghubungkan computer satu dengan computer lain dalam sebuah jaringan LAN.


7. Sound Card

Digunakan untuk mendengarkan suara yang diolah oleh computer dengan menggunakan speaker.


8. Port

  • Port ps/2
    Digunakan untuk menghubungkan mouse dan keyboard dengan motherboard, biasanya untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port mouse berwarna hijau.

  • Port RJ45Port yang berhubungan dengan koneksi dan berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan LAN.
  • Port SerialPort yang menghubungkan monitor dan printer model lama dengan motherboard.
  • Port AudioDigunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out dengan motherboard.
    – port warna hijau untuk menghubungkan speaker
    – port warna merah untuk menghubungkan mik
    – port warna biru menghubungkan sesuatu yang berhubungan dengan kualitas suara

  • Port USB (Universal Serial Bus)Port USB memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal seperti flashdisk, printer, scanner, dll ke komputer.

0 Response to "Komponen - Komponen Motherboard"

Post a Comment