Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Pertama

Ogan Komputer, Komputer Generasi Pertama


Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.

Konrad Zuse
Konrad Zuse

Awal mulanya, Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3,untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Yang di teruskan dengan penemuan-penemuan diantaranya.

ABC (Atanasoff and Berry Computer)

Atanasoff Clifford Berry
Atanasoff Clifford Berry
Merupakan komputer elektronik pertama di dunia. Diciptakan tahun 1939 oleh profesor ilmu fisika dari University of IOW, John Vincent Atanasoff, bersama seorang mahasiswa lulusan teknik elektronika,CliffortBerry. Komputer ini masih menggunakan tabung hampa dan konsep matematika biner, yang dikembangkan oleh George Bollean, memory dan rangkaian logika.

Paten komputer digital pertama tidak dilakukan oleh ABC ini karena meletusnya Perang Dunia, sehingga paten pertama dan kemudian dikenal sebagai komputer diital pertama adalah ENIAC.


ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)


ENIAC
ENIAC
Sejarah Komputer elektronik pertama era modern dimulai oleh ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). ENIAC adalah komputer digital serbaguna yang dibuat pada tahun 1946 kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania dan dirancang oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. ENIAC memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa, 7.200 dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 100.000 kapasitor dan 5 juta titik solder. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. Dalam 20 detik, ENIAC dapat melakukan perhitungan matematis yang sebenarnya memerlukan waktu penyelesaian 40 jam jika dilakukan secara manual oleh kita. Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. ENIAC dibuat saat Perang Dunia II dan tugas pertamanya adalah menghitung kelayakan sebuah desain bom Hidrogen. ENIAC adalah komputer sepanjang 100 kaki dengan ketinggian 100 kaki, mengambil luas sekitar 167 m².

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic)



EDVAC
EDVAC

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.



EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

EDSAC
EDSAC

Tahun 1949, Di Inggris dikembangkan juga komputer yang dinamai EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator). Komputer ini digunakan sebagai alat yang berorientasi terhadap program tersimpan. EDSAC memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.


UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)

UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)

Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

UNIVAC I adalah komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan dan merupakan komputer komersial pertama di Amerika. Remington Rand berhasil menjual 46 unit komputer dengan harga lebih dari 1 juta dollar US dengan harga pabrik $ 750.000 ditambah printer berkecepatan tinggi pada saat itu seharga $185.000.


Ciri dari komputer pertama ialah:

  • Data dapat disimpan pada magnetik tape dan magnetik disk
  • Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.
  • Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal
  • Menggunakan bahas program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language)
  • Menggunakan Konsep Program stored program
Tabung Hampa Udara
Tabung Hampa Udara

Kelemahan komputer

  • Komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
  • Bentuknya besar-besar, dan beratnya berton-ton.
  • Proses kurang cepat dan cepat panas, sehingga selalu memerlukan alat pendingin yang banyak.
  • Membutuhkan daya tampung listrik yang banyak.

0 Response to "Komputer Generasi Pertama"

Post a Comment